Profil

Minggu, 21 Juli 2013

Keadaan Sosial Nasyarakat

Sosial Masyarakat
  Sikap dan mental masyarakat desa Sukanegara baik karena tidak ada pungutan liar dari anak gelandangan di sudut jalan, pemerasan, mengeluhkan memburuknya kualitas pelayanan kepada masyarakat, ataupun tidak menolerir perbedaan etnis, agama dan kelompok kepentingan lain.
    Berdasarkan etos kerja penduduk desa Sukanegara memiliki wilayah desa yang luas, lahan dikelola dengan baik oleh pemiliknya, lahan pekarangan dimanfaatkan, rendahnya jumlah petani yang gagal tanam/panen. Warga desa banyak yang mencari kerja di luar desa baik yang masih dalam wilayah kabupaten/kota maupun di kota besar lainnya. Tidak ada masyarakat yang menuntut ke kantor kepala desa untuk kebutuhan dasar sembilan bahan pokok pada saat kelaparan atau kekeringan. Kebiasaan pemotongan hewan dalam jumlah besar untuk pesta adat dan perayaan upacara tertentu rendah.
Kebiasaan masyarakat berdemonstrasi/protes terhadap kebijakan pemerintah rendah. Kebiasaan masyarakat terprovokasi karena isu-isu yang menyesatkan jarang.
Kebiasaan masyarakat bermusyawarah untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial kemasyarakatan tinggi. Tidak ada masyarakat yang diam/masa bodoh/apatis ketika ada persoalan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kebiasaan aparat pemerintahan desa/kelurahan terlebih di tingkat RT, RW, dusun dan lingkungan yang kurang menanggapi kesulitan yang dihadapi masyarakat rendah.